Monday, May 24, 2010

Perjalanan Sastra

saya suka menulis... entah sejak kapan saya menulis. seingat saya, jaman SD pun saya membuat puisi-puisi yang kemudian menurut saya gayanya memang anak SD sekali. sederhana.
lalu kemudian, saya menulis hal lain.. keseharian saya.. buku diary, sejak saya kelas 6 SD saya membuat catatan harian di dalam diary dan hal ini berlangsung sampai saya kelas 3 SMA (totalnya mencapai 18 buku). selepas itu, saya mulai melakukan blogging.

biasanya saya menulis keseharian dalam bahasa yang sederhana dan ketawa-ketawa saja, lalu entah darimana saya mengenal jenis tulisan sastra. awalnya, yang saya baca adalah karya-karya milik Kahlil Gibran, seputar cinta... bahasa Kahlil ini mengalir bagai air yang banyak buih-buihnya, harus dipikirkan kenapa bisa begini dan begitu.. lalu, saya beralih bacaan menjadi raditya dika, yang sangat ringan dan isinya memang komedi. sempat terpikir untuk menjadi penulis seperti itu, tapi gagal. saya memang tidak berbakat melucu. :)

pada dasarnya saya suka membaca..
dan saya suka menulis. tidak perduli orang lain suka atau tidak pada tulisan saya. karena menulis adalah cara saya mengekspresikan rasa. rindu khususnya, maka tulisan saya lebih banyak berceritakan tentang cinta dan kerinduan itu sendiri.

saya membaca notes sepupu saya di facebooknya, lalu saya melihat sebuah komentar yang saya anggap begitu cerdas dalam mengupas puisi yang ditulis oleh kakak spupu saya, maka pada suatu kesempatan, saya bertanya padanya tentang orang ini. Hudan Hidayat. begitu namanya, dan saya add saja dia dalam friendlist saya.

saya mulai menulis sastra. dengan gaya bahasa yang kata teman-teman saya "abstrak" dan mereka tidak sepandai itu untuk mengartikannya.

saya menulis sastra, cerita dalam gaya bahasa yang menggunakan analogi. grogi awalnya mencoba "pamer" karya ini pada Bang Hudan, yang sekarang jadi guru saya dalam menuliskan sastra.

dan disinilah saya sekarang, dengan kehadirannya yang terus memberikan saya semangat untuk menulis, adalah blog ini yang merangkum tulisan saya sejak tahun 2008 :)

ya, saya kagum dengan tulisan saya, banyak orang menyukai tulisan saya, guru saya menyukai tulisan saya, tapi.. tetap.. setiap orang punya selera.

pasti ada saja yang menganggap saya berlebihan dalam memilih kata atau bukan seleranya membaca sastra. tidak apa. karena menulis adalah ungkapan jiwa saya :)

terima kasih abang Hudan Hidayat, seorang penulis Indonesia yang sangat rendah hati untuk sekedar mampir membaca coretan-coretan kecil milik saya.. :D

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

© Copyright by Buku Sastra Nanda | Template by BloggerTemplates | Blog Trick at Blog-HowToTricks